Selasa, 10 Agustus 2021

Membuat laporan tugas dengan paket Microsoft Excel (informatika)

membuat laporan sederhana dengan aplikasi excel


 pada artike kali ini akan membahas tentang cara membuat laporan sederhana dengan aplikasi excel. sebetulnya laporan ini digunakan untuk contoh laporan transaksi penjualan barang. rumus yang digunakan dalam contoh laporan ini gabungan dari rumus yang sudah ada dalam artikel sebelumnya seperti rumus lookup (vlookup dan hlookup) dan rumus formula atau matematika. langsung saja kita siapkan kertas kerja aplikasi excel untuk membuat laporan sederhana transaksi penjualan barangnya. periapan format laporan Gambar Contoh format laporan transaksi gambar diatas adalah contoh sederhana format laporan transaksinya. dengan dibuatkan dua jenis tabel yaitu tabel Master dan tabel Transaksi. • Tabel Master : digunakan untuk inputan data master sebagai tabel inti yang akan digunakan untuk rumus lookup. • Tabel Transaksi : digunakan untuk inputan transaksi penjua penggunaan rumus untuk tabel transaksi untuk rumus yang akan digunakan dalam tabel transaksi ada dua yaitu rumus lookup dan formula. kolom dari tabel transaksi yang menggunakan rumus adalah Nama Barang, Harga (menggunakan rumus lookup), Total Bayar, Kembalian (menggunakan rumus formula). Gambar contoh laporan transaksi yang sudah menggunakan rumus semua kolom yang berwarna biru merupakan kolom yang diisikan rumus dalam cellnya, dan akan otomatis muncul nilainya sesuai dengan transaksi yang diinputkan. untuk otomatis rumus pada baris berikutnya, disini menggunakan format tabel sehingga pengguna laporan pada aplikasi excel ini cukup menggunakan tombol Tab pada keyboard untuk transaksi secara berurutan. rumus pada masing-masing kolom sebagai berikut : • Nama Barang : =VLOOKUP(B11;$A$5:$C$7;2;0) • Harga : =VLOOKUP(B11;$A$5:$C$7;3;0) • Total Bayar : =D11*E11 • Kembalian : =G11-F11

Tidak ada komentar:

Posting Komentar