Informatika pH 1 dan 2 (pH 1 hal 13-15) (pH 2 hal 24-26) Jawaban
NADIA RAHMA ISABELLA
Selasa, 02 November 2021
Selasa, 10 Agustus 2021
Mengenal fitur aplikasi CMS, pengelola konten web berupa freeware, dan mengenal aplikasi CMS untuk memposting blogger. (Informatika)
Membuat laporan tugas dengan paket Microsoft Power Point (informatika)
presentasiPowerPoint berfungsi seperti peragaan slide. Untuk menyampaikan pesan atau cerita, Anda membaginya menjadi slide. Pikirkan setiap slide sebagai kanvas kosong untuk gambar dan kata-kata yang membantu Anda menceritakan kisah Anda. Versi yang lebih baruOffice 2010 Memilih tema Saat Anda membuka PowerPoint, Anda akan melihat beberapa tema dan templat bawaan. Tema adalah desain slide yang berisi warna, font, dan efek khusus yang sesuai, seperti bayangan, pantulan, dan masih banyak lagi. 1. Pada tab file di pita, pilih baru, lalu pilih tema. PowerPoint memperlihatkan pratinjau tema, dengan empat variasi warna untuk dipilih di sisi kanan. 2. Klik Buat, atau ambil ragam warna, lalu klik Buat. Baca selengkapnya: menggunakan atau membuat tema di PowerPoint Menyisipkan slide baru Di tab Beranda, klik bagian bawah Slide Baru, lalu pilih satu tata letak slide. Baca selengkapnya: Menambah, menata ulang, dan menghapus slide. Menyimpan presentasi Anda 1. Pada tab File, pilih Simpan. 2. Pilih atau cari ke folder. 3. Dalam kotak Nama file, ketikkan nama presentasi Anda, kemudian pilih Simpan. Catatan: Jika Anda sering menyimpan file pada folder tertentu, Anda bisa ‘menyematkan’ path tersebut sehingga selalu tersedia (sebagaimana diperlihatkan di bawah). Tips: Simpan pekerjaan selagi Anda bekerja. Tekan Ctrl + S sering. Baca selengkapnya: menyimpan file presentasi Anda Menambahkan teks Klik tempat penampung teks, dan mulailah mengetik. Memformat teks Anda 1. Pilih teks. 2. Di bawah Alat Menggambar, pilih Format. 3. Lakukan salah satu hal berikut ini: Untuk mengubah warna teks Anda, pilih Isian Teks, lalu pilih sebuah warna. Untuk mengubah warna kerangka bentuk teks Anda, pilih Kerangka Teks, lalu pilih sebuah warna. Untuk menerapkan bayangan, pantulan, cahaya, kemiringan, rotasi 3D, transformasi, pilih Efek Teks, lalu pilih efek yang Anda inginkan. Baca selengkapnya: Mengubah font Mengubah warna teks pada slide Menambahkan poin atau nomor ke teks Memformat teks sebagai superskrip atau subskrip Menambahkan gambar Pada tab Sisipkan, lakukan salah satu hal berikut ini: Untuk menyisipkan gambar yang disimpan di drive lokal Anda atau di server internal, klik Gambar, telusuri gambar, lalu pilih Sisipkan. Untuk menyisipkan gambar dari web, pilih gambar online, dan gunakan kotak pencarian untuk menemukan gambar. Pilih gambar, kemudian klik Sisipkan. Menambahkan bentuk Anda dapat menambahkan bentuk untuk mengilustrasikan slide Anda. 1. Pada tab sisipkan , pilih bentuk, lalu pilih bentuk dari menu yang muncul. 2. Di area slide, klik dan seret untuk menggambar bentuk. 3. Pilih tab format atau format bentuk pada pita. Buka galeri gaya bentuk untuk menambahkan warna dan gaya dengan cepat (termasuk bayangan) ke bentuk yang dipilih. Menambahkan catatan pembicara Slide akan sangat baik jika Anda tidak menjejalkan terlalu banyak informasi. Anda bisa menambahkan fakta dan catatan dalam catatan pembicara, dan jadikan rujukan Anda saat menjalankan presentasi. 1. Untuk membuka panel catatan, pada bagian bawah jendela, klik Catatan . 2. Klik di dalam panel Catatan di bawah slide tersebut, dan ketikkan catatan Anda. Baca selengkapnya: Menambahkan catatan pembicara ke slide Anda Mencetak slide dengan atau tanpa catatan pembicara Menyampaikan presentasi Anda Pada tab Peragaan Slide, lakukan salah satu hal berikut ini: Untuk memulai presentasi pada slide pertama, di grup Mulai Peragaan Slide, klik Dari Awal. Jika Anda tidak berada di slide pertama dan Anda ingin memulai dari posisi Anda, klik Dari Slide Saat Ini. Jika Anda ingin menyajikan ke orang yang tidak berada di tempat Anda, klik Sajikan Online untuk menyetel presentasi di web, lalu pilih salah satu opsi berikut: Menyiarkan presentasi PowerPoint Anda secara online ke audiens jarak jauh Tampilkan catatan pembicara saat Anda menyampaikan peragaan slide Anda. Keluar dari tampilan Peragaan Slide Untuk keluar dari tampilan Peragaan Slide kapan saja, pada keyboard, tekan Esc. Tips untuk membuat presentasi yang efektif Pertimbangkan tips berikut ini untuk membuat audiens tetap tertarik. Meminimalkan jumlah slide Untuk mempertahankan pesan yang jelas dan membuat audiens tetap penuh perhatian dan tertarik, Pertahankan jumlah slide dalam presentasi Anda seminimal mungkin. Pilih ukuran font audiens-friendly Audiens harus dapat membaca slide Anda dari kejauhan. Secara umum, ukuran font yang lebih kecil dari 30 mungkin terlalu sulit bagi audiens untuk melihat. Membuat teks slide Anda tetap sederhana Anda ingin audiens mendengarkan Anda menyajikan informasi Anda, daripada membaca layar. Gunakan poin atau kalimat singkat, dan coba Pertahankan setiap item ke satu baris. Beberapa proyektor memangkas slide di tepi, sehingga mungkin ada beberapa kalimat panjang yang dipotong. Menggunakan visual untuk membantu mengekspresikan pesan Anda Gambar, bagan, grafik, dan grafik SmartArt menyediakan isyarat visual untuk diingat oleh audiens. Tambahkan seni yang bermakna untuk melengkapi teks dan pesan di slide Anda. Namun, seperti teks, Hindari menyertakan terlalu banyak bantuan visual pada slide Anda. Membuat label untuk bagan dan grafik dapat dipahami Gunakan teks yang cukup untuk membuat elemen label dalam bagan atau grafik dipahami. Menerapkan latar belakang slide yang halus dan konsisten Pilih templat yang menarik, konsisten, atau tema yang tidak terlalu menarik perhatian. Anda tidak ingin latar belakang atau desain untuk mengalihkan pesan Anda. Namun, Anda juga ingin menyediakan kontras antara warna latar belakang dan warna teks. Tema bawaan diPowerPoint mengatur kontras antara latar belakang yang terang dengan teks berwarna gelap atau latar belakang gelap dengan teks berwarna terang. Untuk informasi selengkapnya tentang cara menggunakan tema, lihat menerapkan tema untuk menambahkan warna dan gaya ke presentasi Anda. Memeriksa ejaan dan tata bahasa Untuk mendapatkan dan mempertahankan rasa hormat dari audiens Anda, selalu Periksa ejaan dan tata bahasa dalam presentasi Anda.
Membuat laporan tugas dengan paket Microsoft Excel (informatika)
pada artike kali ini akan membahas tentang cara membuat laporan sederhana dengan aplikasi excel. sebetulnya laporan ini digunakan untuk contoh laporan transaksi penjualan barang. rumus yang digunakan dalam contoh laporan ini gabungan dari rumus yang sudah ada dalam artikel sebelumnya seperti rumus lookup (vlookup dan hlookup) dan rumus formula atau matematika. langsung saja kita siapkan kertas kerja aplikasi excel untuk membuat laporan sederhana transaksi penjualan barangnya. periapan format laporan Gambar Contoh format laporan transaksi gambar diatas adalah contoh sederhana format laporan transaksinya. dengan dibuatkan dua jenis tabel yaitu tabel Master dan tabel Transaksi. • Tabel Master : digunakan untuk inputan data master sebagai tabel inti yang akan digunakan untuk rumus lookup. • Tabel Transaksi : digunakan untuk inputan transaksi penjua penggunaan rumus untuk tabel transaksi untuk rumus yang akan digunakan dalam tabel transaksi ada dua yaitu rumus lookup dan formula. kolom dari tabel transaksi yang menggunakan rumus adalah Nama Barang, Harga (menggunakan rumus lookup), Total Bayar, Kembalian (menggunakan rumus formula). Gambar contoh laporan transaksi yang sudah menggunakan rumus semua kolom yang berwarna biru merupakan kolom yang diisikan rumus dalam cellnya, dan akan otomatis muncul nilainya sesuai dengan transaksi yang diinputkan. untuk otomatis rumus pada baris berikutnya, disini menggunakan format tabel sehingga pengguna laporan pada aplikasi excel ini cukup menggunakan tombol Tab pada keyboard untuk transaksi secara berurutan. rumus pada masing-masing kolom sebagai berikut : • Nama Barang : =VLOOKUP(B11;$A$5:$C$7;2;0) • Harga : =VLOOKUP(B11;$A$5:$C$7;3;0) • Total Bayar : =D11*E11 • Kembalian : =G11-F11
Membuat laporan tugas dengan paket Microsoft Word (informatika)
Laporan adalah sebuah karya tulis yang dibuat oleh seseorang atau sekelompok orang dengan tujuan sebagai bukti pertanggungjawaban atas pelaksanaan tugas yang diberikan. Fungsi dari laporan ini bermacam-macam diantaranya sebagai bahan pertimbangan atau pengambilan keputusan. Oleh karena itu, sebuah laporan harus memuat data yang benar, objektif, dan sistematis. Supaya mendapatkan laporan yang rapi, sebaiknya menggunakan microsoft word dalam penulisannya. Bukan hanya membuat laporan tersebut menjadi rapi, Anda juga akan dimudahkan dalam membuat laporan dengan menggunakan micorosoft word. Dengan pembuatan laporan yang sistematis dan runtun, laporan menjadi mudah dipahami dan dibaca. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui cara membuat laporan di word yang tepat. Berikut ini penjelasan mengenai cara membuat laporan yang baik dan benar yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (15/4/2021). ________________________________________ Struktur Laporan Perbesar Ilustrasi Laporan (iStockphoto) Dalam membuat laporan pertanggungjawaban berbagai kegiatan, buatlah dengan baik dan benar. Berikut ini ialah struktur laporan yang runtut di microsoft word. 1. Membuat Cover Pada bagian awal laporan buatlah cover yang menunjukan nama pembuat laporan, judul laporan dan keterangan singkat lainnya. Sehingga penerima laporan bisa mengetahui apa gambaran laporan tersebut. Berikut ini ialah struktur laporan di word yang bisa Anda ikuti. a. Buka file microsoft word dari laporan yang akan atau sudah dibuat. b. Klik menu Tab Insert dan klik cover page. c. Pilih tampilan cover yang sesuai dengan kebutuhan, untuk makalah formal biasanya menggunakan tampilan konservatif. d. Setelah itu, edit sesuai dengan judul, nama dan informasi yang dimiliki 2. Kata Pengantar Bagi mahasiswa maupun siswa yang membuat laporan, buatlah kata pengantar singkat sebelum masuk ke pembahasan. Kata pengantar ini akan membuat pembaca memahami laporan apa yang Anda buat. 3. Daftar Isi Hal yang cukup penting dalam membuat laporan ialah membuat daftar isi. Dengan adanya daftar isi, pencarian isi laporan yang penting akan mudah dilakukan. Berikut cara membuat daftar isi di word. a. Buka menu references dan pilih table of contents, pilih format yang sesuai dengan kebutuhan. b. Atur style tulisan pada setiap judul bab menjadi heading 1 dan subbab menjadi heading 2 dengan cara memblok tulisan dan pada menu styles dan pilih heading. c. Setelah diberi heading kemudian beri nomor halaman yakin pilih menu insert klik header & footer kemudian pilih page number. d. Setelah itu kembali ke halaman daftar isi lalu klik update table. e. Selesai, jika nanti ada perubahan yang terjadi pada halaman Anda hanya perlu melakukan update table. 4. Pendahuluan Kini saatnya Anda masuk ke bab pendahuluan yang menjelaskan apa tujuan dan juga latar belakang dari laporan yang dibuat. Pada bagian pendahuluan terdapat beberapa sub bab yang harus dibuat. Untuk membuat laporan semakin rapi menggunakan fasilitas break yang memudahkan Anda. Dengan fasilitas ini, ketika ada perubahan isi laporan maka bab selanjutnya berada pada halaman yang benar dan tidak bergeser. Caranya ialah dengan klik menu insert - break pada bagian dokumen yang ingin diberi section baru. Kemudian pada pilihan section break type pilih jenis section yang diinginkan. 5. Pembahasan Pembahasan atau juga bisa disebut sebagai isi, merupakan bagian inti dari laporan yang Anda buat. Di bagian ini, sebisa mungkin jelaskan secara detail dan mencakup unsur 5W + 1H. 6. Penutup Penutup biasanya berisi kesimpulan tentang kegiatan dan laporan yang telah Anda buat. Anda bisa menuliskan ringkasan tentang hal-hal yang telah Anda paparkan sebelumnya pada bagian ini. Selain kesimpulan, Anda juga bisa menambahkan saran untuk para pihak terkait atau kendala yang Anda alami selama kegiatan berlangsung. 7. Lampiran Bagian terakhir merupakan lampiran. Lampiran adalah halaman yang memuat berbagai dokumentasi tentang kegiatan yang telah Anda lakukan. Dokumentasi tersebut dapat berupa foto atau gambar, tabel, surat, dan sebagainya. Lampiran tersebut nantinya akan mewakili kelengkapan laporan yang Anda buat. ________________________________________ Cara Membuat Laporan yang Baik dan Benar Perbesar Ilustrasi Laporan (sumber: Pexel) 1. Memilih topik Cara membuat laporan yang pertama adalah memilih topik. Topik dalam hal ini bisa ditentukan oleh guru, dosen atau pihak lainnya, bisa juga merupakan topik yang Anda pilih sendiri untuk melakukan sebuah penelitian atau kegiatan. Jika Anda memilih topik secara sendiri, usahakan untuk memilih topik yang Anda kuasai. Jika topik sudah ditentukan oleh guru atau dosen, pastikan untuk memahami syarat dan ketentuan yang telah diberikan. 2. Melakukan penelitian atau kegiatan Cara membuat laporan yang selanjutnya dalah melakukan penelitian atau kegiatan. Setelah menentukan topik, langkah selanjutnya adalah melakukan sebuah penelitian atau kegiatan yang sesuai dengan topik tersebut. Selain melakukan penelitian atau kegiatan, Anda juga harus mencari berbagai referensi yang berhubungan dengan topik yang Anda pilih. Hal tersebut nantinya akan membantu dalam menulis dan melengkapi isi dari laporan yang akan Anda buat. 3. Buat kerangka laporan Cara membuat laporan yang selanjutnya adalah membuat kerangka laporan. Setelah kedua hal di atas telah dilakukan, sekarang saatnya untuk membuat kerangka laporan. Kerangka laporan berisi sekumpulan gagasan utama yang menggambarkan inti dari laporan yang telah Anda buat. Pembuatan kerangka ini bertujuan untuk mempermudah pengaturan dan penyusunan laporan yang akan Anda buat. 4. Mulai menulis laporan Cara membuat laporan yang selanjutnya adalah mulai menulis laporan. Ketika menulis laporan, terapkan struktur laporan yang baik dan benar. Mulailah menulis dari bagian pendahuluan sampai dengan penutup. Untuk menulis laporan, gunakanlah kalimat yang jelas serta berdasarkan data dan fakta yang ada. Perhatikan juga format laporan jika sebelumnya telah ditentukan oleh guru atau dosen Anda. 5. Menyunting Laporan Cara membuat laporan yang berikutnya adalah menyunting laporan. Setelah selesai menulis laporan, jangan lupa untuk mengeceknya terlebih dahulu. Perhatikan setiap kalimat dan kata. Perhatikan apakah terdapat kesalahan penulisan atau kesalahan ejaan. Jika terdapat kesalahan, segera sunting bagian tersebut agar laporan bisa segera Anda publikasikan, baik itu dikumpulkan dalam bentuk cetak (hardcopy) atau file (softcopy).
Minggu, 18 Juli 2021
prakarya (Memahami pengetahuan tentang jenis, sifat, karakter, dan teknik pengolahan bahan kayu (misalnya ranting, papan, dan balok), bambu, dan atau rotan)
Jenis,
sifat, karakter, dan teknik pengolahan kayu, bambu, dan rotan
A. Kayu.
Kayu terdiri dari berbagai macam jenis, diantaranya: mahoni,
pinus, jati, nangka, kelapa, lame, albasia, sungkai, kamper, meranti, dan
sebagainya.
Masing-masing kayu memiliki ciri yang berbeda. Tetapi selain
keras rata-rata memiliki serat atau urat kayu yang indah.
Memiliki lingkaran tahun.
Tahan lama dan dapat dibentuk dengan diukir.
Ada yang memiliki beban ringan seperti lame dan albasia, ada
pula yang berat seperti jati.
Sebagian dapat memuat karena perubahan suhu, tidak demikian
untuk kayu jati.
TEKNIK
PENGOLAHAN KERAJINAN KAYU :
- UKIR
- BUBUT
- POTOG SAMBUNG
- BOR
B. Bambu.
Batangnya kuat, namun akan terjadi pelapukan jika terkena
air terus menerus.
Memiliki rongga dari ukuran 1 cm hingga 20 cm sehingga dapat
dibuat sebagai wadah dalam kerajinan.
Memiliki ruas batang. Ruas inilah yang unik. Terkadang dalam
pembuatan kerajinan sangat ditonjolkan.
Tekstur batangnya halus meskipun tidak diamplas.
Dapat dipotong berbentuk sayatan ataupun bentuk utuhan.
TEKNIK
PENGOLAHAN KERAJINAN BAMBU :
- ANYAMAN
- BOR
C. Rotan.
Batangnya kuat, lebih kuat dari bambu. Terutama serat batangnya sangat kokoh.
Rotan yang dimanfaatkan sebagai kerajinan ada yang berongga
dan ada yang tidak. Yang berongga mempunyai ukuran 1/2 cm hingga 1 cm.
Sedangkan yang tidak berongga merupakan bagian dalam dari rotan.
Memiliki ruas batang namun lebih samar dibanding bambu.
Tekstur batangnya halus meskipun tidak diamplas.
Dapat dipotong berbentuk sayatan ataupun bentuk utuhan.
Rotan memiliki bentuk yang panjang bisa mencapai 10 meter
karena hidupnya menjalar dan melilit, sedangkan panjangnya selalu bertambah.
TEKNIK
PENGOLAHAN KERAJINAN ROTAN :
- ANYAMAN
Senin, 12 Juli 2021
Mengenal fitur untuk mencari informasi di internet
Macam-macam search engine
Jika kamu hanya mengetahui bahwa Google adalah satu-satunya search engine maka kamu salah. Pasalnya, saat ini macam-macam Search Engine kian beragam. Banyak search engine lainnya yang bisa kamu tahu dan kamu coba. Pada ulasan ini, kamu akan mengetahui macam-macam search engine dan penjelasannya yang patut kamu coba.
Macam-macam search engine sangatlah beragam, beberapa search engine memiliki karakteristik masing-masing. Dengan mengetahui macam-macam search engine kamu bisa lebih mendapatkan banyak informasi dan menggunakan berdasarkan fungsinya.
Nah, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber macam-macam search engine dan penejelasannya yang berguna untuk kamu gunakan kala berselancar di dunia maya
Bukan cuman google
1. Google ( www.google.com )
Google merupakan search engine yang paling sering digunakan. Sampai saat ini, Google masih menjadi "The King Of Search Engine" di dunia. Google adalah search engine yang paling populer di dunia maya untuk mencari informasi yang diinginkan, dapat berupa pencarian alamat website, gambar, file, atau mengetahui situs-situs topik – topik, dan masih banyak lagi. Google merupakan sebuah perusahaan Amerika Serikat, didirikan oleh Larry Page alumnus Universitas Michigan dan Sergey Brin. Hanya dengan mengetikan kata kunci yang akan kita cari, maka secara otomatis google akan memberikan jawaban yang diberikan melebihi dari yang kita inginkan.
2. DuckDuckGo
Mungkin nama Duck-Duck Go terdengar asing. Namun, search engine ini memiliki sesuatu yang unik. Menariknya dengan mesin pencari DuckDuckGo, Jika kamu ‘bertanya’ soal sejarah atau fakta, hasil carian akan dipaparkan secara pantas menggunakan enjin janaan WoframAlpha.
Perbedaan DuckDuckGo dengan yang lain adalah Zero Click Info yang paling berguna, hampir setiap kali kamu melakukan carian di DuckDuckGo, satu kotak akan terpapar yang memberikan definisi, sejarah atau info berkaitan carian yang ingin kamu tahu. Duck-Duck Go dibangun untuk benar-benar menghormati privasi dari si pengguna. Tim pengembang DuckDuckGo menganggap bahwa fungsi pencarian terbaik bisa diraih tanpa harus melakukan tracking kepada para penggunanya.
3. Bing ( www.bing.com )
Bing merupakan produk dari Microsoft melalui CEO Microsoft “Steve Ballmer”. Bing adalah bentuk reinkarnasi yang dilakukan oleh Microsoft terhadap ketiga mesin pencari produksinya terdahulu diantaranya Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search.
Bing memiliki sebuah teknologi baru yang diyakini mampu memberikan hasil pencarian yang lebih akurat karena menggunakan teknologi PowerSet. Bing mengelompokkan pencarian berdasarkan empat kategori, yaitu : pencarian halaman situs atau website, pencarian gambar, pencarian berita, pencarian siapa dan apa yang paling banyak dicari oleh pengguna Bing.
Search engine yang kini sedang populer
4. Yahoo! ( www.yahoo.com )
Yahoo! Search merupakan mesin pencari terbesar kedua saat ini setelah Google.Yahoo! Merupakan perusahaan multinasional yang berpusat di Sunnyvale,California, Amerika Serikat.
Yahoo!Inc. didirkan oleh Jery Yang dan David Filo.Yahoo! Search menyediakan fasilitas email gratis, yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pencarian berbagai macam katagori seperti contohnya website, gambar, berita, video, dan audio. Search engine ini selalu menampilkan kata-kata yang mirip dengan kata-kata kunci yang sedang dicari.
5. Ask ( www.ask.com )
Ask.com merupakan salah satu macam-macam search engine yang kini sedang populer. Ask.com didirikan pada tahun 1996 oleh Garret Gruener dan David Warthen.
Ask.com pada awalnya bernama Ask Jeeves, Jeeves adalah nama dari seorang pelayan yang tugasnya mengambilkan jawaban dari setiap pertanyaan yang diberikan. Oleh sebab itu Ask.com dapat diartikan menjadi mesin pencari yang memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan jawaban dari setiap pertanyaannya. Ask.com juga memiliki fitur Q&A Community yang fungsinya mirip sekali dengan Yahoo Answers.